Final Copa America 2021 : Argentina VS Brasil

Liputan Sport | Laga Final Copa America 2021 akan segera terselenggara. Pada partai besar kali ini akan mempertemukan Argentina dan Brasil pada minggu, 11 Juli 2021 di Estadio Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. Dalam match kali ini Brasil selaku tuan rumah dan juara bertahan akan berusaha mempertahankan gelarnya melawan rival utama, Argentina.

Timnas Brasil dan Argentina yang dari awal fase grup telah menunjukkan kualitasnya sebagai tim favorit benar-benar melangkah hingga partai puncak. Kedua tim ini sama-sama mengumpulkan 10 poin dari empat laga di fase grup Copa America 2021 serta berstatus sebagai juara grup. Kini kedua raksasa Amerika ini sama-sama berdiri di puncak panggung kejuaraan Copa America.

Dalam pada fase grup, Brasil berhasil mendapat dua kali kemenangan telak, yaitu 3-0 melawan Venezuela dan 4-0 melawan Peru. Setelah itu Timnas Brasil menang 2-1 atas Kolombia dan juga imbang dengan Ekuador dengan skor 1-1.

Copa America Brasil

Di lain pihak, Argentina mendapatkan langkah yang berliku pada ajang Copa America 2021 kali ini. Mereka Harus memulai perjalanan mereka dengan hasil seri 1-1 melawan Chile di Grup A. Albiceleste berusaha bangkit dengan mendapat tiga kemenangan dalam fase grup, yaitu 1-0 kontra Uruguay dan Paraguay, juga 4-1 kontra Bolivia.

Road to Final Copa America 2021

Kemenangan mutlak atas timnas Bolivia membuat skuad Argentina cukup optimistis pada awal fase knockout. Kemenangan tanpa balas 3-0 pun mereka raih untuk menyingkirkan tim Ekuador pada partai perempat final. Meski begitu, Argentina harus menelan perlawanan sengit dari Kolombia di semifinal. Dengan hasil imbang 1-1 membuat pertandingan harus ditentukan menggunakan drama adu penalti.

Beruntungnya Argentina, memiliki Emiliano Martinez sebagai pebjaga gawang. Penjaga gawang tim Aston Villa itu berhasil menahan tiga eksekusi pinalti Kolombia. Hal ini memastikan Argentina maju ke partai puncak dan bertemu dengan tim Brasil.

Emiliano Martines

Final Copa America 2021 akan terjadi di Estadio Maracana, Minggu pagi nanti. Jika Brasil keluar sebagai juara, mereka dapat menyamai torehan Argentina serta Uruguay yang telah tiga kali mendapatkan back to back juara Copa America sepanjang sejarah turnamen.

Namun, jika timnas Argentina yang keluar sebagai juara Copa America 2021, Messi dan kawan kawan membantu negaranya dan menyamai rekor Uruguay. Sebagai tim yang paling sering meraih juara di kejuaraan Copa America. hal tersebut juga sekaligus membuat Messi mendapat trofi pertamanya dalam berlaga bersama Timnas Argentina.

Berikut ini adalah rincian jadwal laga final Copa America 2021 minggu pagi nanti

  • Match: Brasil vs Argentina
  • Tempat: Estadio do Maracana, Rio de Janeiro – Brasil
  • Kick-off: 07.00 WIB
  • Live TV: Indosiar
  • Live Streaming: Vidio

Beberapa Pemain Kunci Timnas Brasil & Argentina

 

Lautaro Martinez (ARG) & Marquinhos (BRA)

Penyerang Argentina Lautaro Martinez sedang tampil bagus di ajang Copa America 2021 ini. Striker berusia 23 tahun ini telah mencatatkan gol pada tiga pertandingan terakhir skuad La Albiceleste dan bermain cemerlang bersama Lionel Messi dkk.

Marquinhos sangat diandalkan kemampuannya di baris belakang untuk timnas Brasil. Marquinhos akan melakukan pekerjaannya menjaga Martinez, yang selalu ingin muncul di celah-celah sempit area pertahanan Brasil.

Dengan dukungan oleh pemain-pemain seperti Lionel Messi, Angel Di Maria serta Lo Celso, Martinez tidak akan partai final Copa America ini menjadi laga yang mudah bagi sang bertahan Marquinhos.

 

Guido Rodriguez (ARG) vs Lucas Paqueta (BRA)

Guido Rodriguez adalah salah satu pemain Argentina yang sangat konsisten di ajang Copa America 2021. Rodriguez telah banyak melakukan pekerjaan yang baik pada lini tengah defensif. Namun nantinya ia akan memiliki tugas berat saat mencoba menahan pemain gelandang Brasil berusia 23 tahun, yaitu Lucas Paqueta.

Timnas Brasil telah mendapatkan outlet pencetak gol yang langka dalam Lucas Paqueta. Ia sekarang telah mencetak gol kemenangan untuk skuad Selecao pada beberapa pertandingan berturut-turut.
Paqueta tampil secara gemilang di partai semifinal menghadapi Peru. Dia melakukan lima tekel serta mencatat tiga operan kunci selama 90 menit.

 

Giovanni Lo Celso (ARG) vs Casemiro (BRA)

Giovanni Lo Celso telah melakukan perubahan yang baik semenjak semifinal kontra Kolombia. Dia hadir secara kreatif pada lini tengah untuk skuad pasukan Lionel Scaloni. Dan juga mampu mengalirkan bola kepada Lionel Messi dan Lautaro Martinez.

Lo Celso sudah menjalani turnamen yang bagus dan telah menjelma sebagai pemain yang cukup menonjol untuk timnas Argentina. Scaloni menyarankan untuk menjadikannya sebagai starter player karena ia membantu mencapai keseimbangan tim di barisan tengah.

Namun gelandang tim Tottenham Hotspur akan berhadapan dengan perusak Real Madrid Casemiro. Pemain gelandang bertahan timnas Brasil ini juga telah menjalani turnamen yang baik dan menjadi inti dari segala hal baik dalam laga Brasil vs Peru kemarin.

Namun Casemiro perlu berada di puncak performanya ketika mereka bersiap untuk menghadapi Messi dan rekan-rekannya.

 

Neymar Jr. (BRA) vs German Pezzella (ARG)

Neymar menjadi pemain terbaik Brasil di Copa America 2021 ini. Dia tidak diragukan lagi akan menjadi jimat keberuntungan Brasil melawan Argentina. Striken Paris Saint-Germain ini telah memberikan performa terbaiknya, melaju dan melewati para defender lawan dan membuat beberapa umpan yang cantik.

Dia adalah kunci untuk gol Lucas Paqueta pada semifinal Copa America 2021 saat bertemu Peru. Neymar merupakan dribbler tersukses kedua pada turnamen ini setelah Messi. Dia juga telah menoreh catatan dua gol serta tiga assist.

German Pezzella,, Bek tengah Argentina tampil bagus pada posisinya dan mampu melawan dan bertahan beberapa penyerang bagus. Meski begitu Neymar Jr.  merupakan pemain yang paling mengancam yang akan ia hadapi pada turnamen dan dia harus waspada.

 

Lionel Messi (ARG) vs Thiago Silva (BRA)

Lionel Messi adalah seorang pemain dalam sebuah misi. Dia menolak untuk mengakhiri karirnya tanpa meraih trofi utama bersama timnas Argentina. Pemain Barcelona ini sedang berada di puncak daftar pencetak gol dengan empat torehan serta lima assist di bawah namanya

Messi juga sedang dalam performa yang on fire dan merupakan kegembiraan untuk menyaksikannya sepanjang kompetisi. Final kali ini layak mendapatkan penampilan epik Lionel Messi yang akan melawan veteran bek tengah Thiago Silva.

Silva memberi kinerja yang sangat baik di laga semi final melawan Peru. Tite ingin bek tengahnya itu tidak memberi ruang gerak bagi Lionel Messi. Ini bisa jadi pertarungan sengit yang akan menentukan juara turnamen kontinental Copa America edisi kali ini.